Tips Mencari Inspirasi Menulis di Blog

Abang Fay - Blog merupakan salah satu sarana bagi orang untuk mengekspresikan karyanya. Karya bisa berupa tulisan, gambar, maupun video. Selain itu blog sendiri juga bisa dijadikan sebagai sarana kita menyebarkan informasi dan pengetahuan yang kita miliki. Ketika memiliki sebuah blog tentu kita perlu mengisi blog kita itu dengan postingan postingan seperti contohnya artikel.


Ketika kita memiliki blog tentu kita berusaha bagaimana blog kita dapa kita tulis setiap hari. Atau paling tidak memiliki banyak postingan sehingga blog kita tidak terlihat mati. Abang Fay juga masih berusaha bagaimana agar blog ini tidak sepi postingan. Nah, masalahnya adalah ketika kita bingung apa yang mau kita tulis lagi. Atau kita tidak punya ide lagi untuk apa yang akan kita tulis. Begitupun abang juga sering mengalaminya, terutama ketika masih di blog abang yang lama.



Rasanya kalau gak diisi itu ada yang kurang dari blog kita, apalagi ketika rentang waktu kita memposting sangat jauh antarartikel. Maka dari itu kali ini abang akan mencoba share pengalaman dan hasil pemikiran abang tentang bagaimana cara mencari insprasi untuk menulis di blog.

1. Fokus
Fokus di sini berarti fokus pada tema blog kawan semuanya. misalnya ketika kawan memiliki blog yang berisi tentang artikel teknologi, maka harus selalu update tentang teknologi teknologi terbaru. Sehingga kawan semua tau apa yang akan dibahas, minimal semingu sekali. Misalnya juga punya blog yang isinya tentang gadget. Maka kawan juga harus up to date tentang gadget-gadget terbaru serta mengetahui kelebihan dan kekurangan gadget-gadget tersebut. Atau ada kawan yang punya blog tentang gossip arti, maka kawan juga harus tau gossip terbaru dari artis-artis tersebut, atau buat saja gossip-gossip baru lalu sebarkan di internet biar heboh (extremely not recommended)

2. Banyak membaca
Kalau yang satu ini mah kaga usah ditnya lagi. Banyak membaca. Ya, banyak membaca membuat pengetahuan kita menjadi lebih luas. Jadi kita gak perlu bingung lagi apa yang harus ditulis. Banyak membaca juga dapat menambah perbendaharaan kata kita dalam menulis.

Jadi yang kawan yang punya blog tentang gadget banyak-banyak baca majalah atau artikel tentang gadget terbaru, kalau yang hobi bikin cerita banyak-banyak baca novel, yang punya blog tentang bisnis banyak-banyak baca majalah bisnis, yang punya blog yang isinya tentang tutorial santet, banyak-banyaklah baca ISTIGHFAR

3. Pengalaman
Ingat-ingatlah setiap yang kawanlakukan setiap hari. Bisa saja itu merupakan pengalaman berharga yang bermanfaat dan inspiratif sehingga bisa ditulis di blog kawan semua. Misalnya "Hari ini aku pergi ke WC mau BAB masuknya pakai kaki kanan. Ternyata E*k ku susah keluar. Terus aku keluar lagi dan mengulang lagi masuk tapi kali ini dengan kaki kiri dan berdoa. E*k ku jadi lancaaarrr, seneng deehh... Jadi jangan lupa kalau mau E*k masuk WC nya pakai kaki kiri ;) "

4. Pengamatan
Amati lingkungan sekitar setiap anda melakukan aktivitas setiap hari. Lingkungan sekitar bisa jadi bahan berharga yang bisa dituliskan dalam blog. Mungkin banyak hal yang kamu tidak tau. Maka setelah mengamati kamu menjadi tau dan kawan bisa menuliskannya di blog untuk membantu orang yang belum tau juga.

Misalnya hari ini kawan melihat kucing bisa terbang. Nah kawan bisa tulis tuh di blog kalau "Kucing kini ada ekstraknya, eh sayapnyaa.."

5. Menulis di malam hari
Percaya atau tidak ketika kawan menulis apapun di malam hari terasa ringan tanpa beban pikiran. Tanpa ada rasa penyesalan atas apa yang kawan tuliskan. Namun keesokan paginya kawan berpikir "Tadi malem aku nulis apa, kenapa aku malah nulis kayak begini...".  Mungkin itu sebabnya banyak orang kalau menulis diary pada malam hari. Ini juga bisa jadi alternatif bagi para Jomblo-Jomblo bahagia untuk menghabiskan waktu dengan hal yang lebih bermartabat, daripada ngedoain hujan di malam minggu, keliatan banget Jones-nya.

Yak, itu dulu tips dari abang buat kawan-kawan semua. Semoga tips ini bermanfaat buat kawan yang masih bingung apa yang harus ditulis dalam blog. Jangan lupa beri komentar jika kawan punya tips lainnya ya, bagi-bagi dong, biar kita bisa saling bertukar ilmu yang bermanfaat.

-Terima Kasih-
Tag : All, Tips
0 Komentar untuk "Tips Mencari Inspirasi Menulis di Blog"

Protected by Copyscape
Back To Top